Siapa Bilang Melamun itu Buruk? Ini Dia Dampak Positifnya

Posted on

Menurut sebagian besar orang melamun adalah kegiatan yang tidak berguna. Ternyata melamun juga mempunyai banyak dampak positif. Baca dulu fakta dan hasil penelitian mengenai kelebihan melamun berikut ini.

Lebih Baik Dari Bermain Smartphone

Jujur saja, ketika sedang tidak melakukan apa-apa – semisal, menunggu antrian bioskop sendirian atau menunggu teman di kafe – hal pertama yang Anda lakukan pasti mengecek sosial media yang ada di smartphone. Ugh, come on, ladies! Penelitian yang dilakukan di Baylor University, Texas, menunjukkan bahwa terlalu sering mengecek smartphone justru akan membuat Anda mudah depresi.

Biarkan Pikiran Anda “Melayang” Bebas

Kebanyakan orang berpikir bahwa melamun akan membuat Anda terlihat aneh. Well here’s the fact, penelitian yang dilakukan oleh jurnal Science justru menunjukkan bahwa orang yang suka melamun atau memilih untuk tidak melakukan apa-apa saat menunggu akan menjadi lebih kreatif dibandingkan mereka yang menghabiskan waktu untuk bermain dengan smartphone. Butuh ide-ide segar? Biarkan Anda menyendiri dengan pikiran Anda sesekali.

Memikirkan Hal yang Anda Sukai

Pernahkah Anda tersenyum sendiri karena melamunkan hal lucu yang pernah Anda lakukan bersama the girls? Penelitian yang dilakukan oleh Timothy D. Wilson, PhD, profesor psikologi dari Universitas Virginia menyatakan bahwa melamunkan hal yang Anda sukai – seperti binatang peliharaan di rumah atau tempat berlibur favorit – akan membuat Anda seketika merasa bahagia dan tidak mudah stres. Get your free moment now!

Penting Untuk Kreativitas

Ketika sedang melamun, Anda lebih mudah untuk membayangkan skenario “what if…”. Yang tidak disadari adalah otak Anda sedang di-stimulasi untuk menjadi lebih kreatif dengan cara eksplorasi. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh Dr. Scott Barry Kaufman, seorang associate professor of psychology dari New York University menunjukkan bahwa orang yang sering daydreaming merupakan tipe orang yang paling kreatif karena otak mampu masuk ke pikiran abstrak. Kadang, orang kreatif melamun secara sengaja untuk mencari inspirasi.

Mencari Jalan Keluar

Sama seperti sedang mencari ide kreatif, hal yang sama juga ternyata berlaku untuk problem solving. Solusi paling efektif justru muncul ketika Anda tidak sedang fokus untuk menyelesaikannya. Hal ini disebabkan otak tidak merasa dibatasi dengan berbagai aturan sehingga mampu menggali sedalam mungkin pikiran-pikiran alam bawah sadar. Yuk, dicoba! Tapi jangan terlalu sering melamun juga, ya.

Sumber: Cosmopolitan.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *