Masih ingat Sumanto dan Lia Eden? Inilah Keadaan 5 Orang Yang Sempat Jadi Kontroversi. Dijamin Melongo Lihat Mereka Sekarang

Posted on

Masih ingat dengan Sumanto dan Ryan Jombang yang sempat bikin kontroversi di Tanah Air? Ya, Orang-orang itu memang pernah bikin Indonesia geger dengan perilaku “Edannya”. Mulai dari yang mengaku sebagai nabi baru hingga memakan daging manusia. Namun lambat laun, kabar dari mereka hilang ditelan bumi, begitu pula popularitasnya di masyarakat.

Kira-kira bagaimana nasib mereka saat ini ya? Usut punya usut, ada beragam nasib dari sosok kontoversional di Indonesia ini. Mulai dari yang makin getol menyebarkan ajarannya, hingga yang meringkuk di penjara menunggu hukuman mati. Yang jelas mereka sudah tidak lagi setenar saat pertama kali beritanya menyebar dulu. Penasaran? Simak ulasan berikut.

Sumanto eks kanibal yang jadi aktif dakwah

Rupanya salah satu sosok yang sempat viral dulu ini benar-benar menjalani jalan pertaubatannya. Ya, siapa yang tidak kenal dengan Sumanto, pria yang satu ini pernah bikin heboh lantaran memakan daging manusia. Sedikit menengok ke belakang, alasan Sumanto ini memang tidak logis, dengan dalih ingin mendapatkan kesaktian, dia menempuh cara yang tabu itu. Namun sekarang pemandangan yang berbeda dapat dilihat pada Sumanto. Ya, setelah mendapatkan rehabilitasi di suatu pondok, rupanya perilaku Sumanto bisa dibilang normal.

Pria paruh baya ini sering diajak oleh Kyai Supono, pemimpin pondok untuk ikut berdakwa bersamanya. Meskipun demikian, rupanya masih ada beberapa perilaku menyimpang pada dirinya, mulai dari makan tidak bayar, mencuci uang kertas dan lain-lain. Menurut orang pondok, itu hal yang wajar mengingat dirinya masih dalam proses pemulihan. Semoga sembuh deh, biar sadar kalau daging sapi lebih enak ketimbang manusia.

Lia Eden masih menyebarkan ajaran yang dianutnya

Mungkin dulu Indonesia sempat dihebohkan oleh kasus Lia Eden yang mengaku rasul dan dapat bertemu dengan malaikat Jibril. Namun lambat laun kabar mengenai ajaran itu mulai hilang ditelan bumi. Setelah ditelusuri, meskipun tidak lagi muncul ke publik, namun ternyata ajaran tersebut masih berkembang hingga sekarang. Bahkan, kini pengikut dari Lia Eden makin banyak dan berasal dari latar belakang yang berbeda.

 Entah itu muslim, umat kristiani hingga pengikut kejawen, semua bersumpah setia mengikuti ajaran Eden. Hal itu bisa diketahui dari website para komunitas Eden yang sampai sekarang masih aktif bahkan tidak pernah lupa untuk mengupdate informasinya setiap bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *