Idham Azis, Pengganti Kapolda Metro yang Lumpuhkan Teroris Dr Azahari

Posted on

Tito Karnavian merombak sejumlah jabatan strategis Polri tanggal 20 Juli 2017 dan salah satu yang dimutasi yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan. Iriawan akan digantikan oleh Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Idham Azis.

Idham yang lahir di lahir di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 1963, adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988.

Ia memiliki pengalaman cukup lama di Densus 88 Antiteror dengan prestasi melumpuhkan teroris bom Bali,  Dr Azahari dan komplotannya di Batu, Jawa Timur, pada 9 November 2005.

Saat itu, ia mendapat penghargaan dari Kapolri Sutanto, bersama dengan Tito Karnavian, rekan seangkatannya.

Jabatan terakhirnya di detasemen ini sebagai Wakadensus pada 2010. Kemampuannya di bidang antiterorisme membuat Idham ditempatkan sebagai Kapolda Sulawesi Tengah pada 2014, yang rawan dengan kelompok sipil bersenjata.

Adapun penugasan di Polda Metro Jaya kali ini bukan hal baru bagi Idham. Pada 2009, ia menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum.

Ia menempati berbagai posisi di Polda Metro Jaya mulai dari Kanit VC Sat Serse Umum Dit Serse Polda Metro Jaya pada 1999, dan Kasat I Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya pada 2002. Ia juga pernah menjabat Kapolres Metro Jakarta Barat pada 2008.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *