Gempa Bumi Guncang Turki dan Yunani

Posted on

Hari ini (21/7/2017) sebuah gempa  dengan kekuatan 6,7 Skala Richter mengguncang wilayah Turki dan sebagian Yunani. Sedikitnya dua orang dilaporkan tewas, sedangkan puluhan lainnya luka-luka.

Kedua korban tewas di wilayah Kos, di Kepulauan Yunani. “Ada dua korban tewas di sini, dan beberapa orang yang terluka,” ujar Wali Kota Kos George Kyritsis, seperti diberitakan oleh Reuters, 21 Juli 2017.

Menurut laporan US Geological Survey (USGS), gempa tersebut memiliki kekuatan hingga 6,9 Skala Richter dengan  pusat gempa berada di wilayah karang di sebelah selatan kota Marmaris. Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 1.31 dini hari waktu setempat.

Diberitakan oleh European Quake Agency (EMSC), gempa tersebut dikabarkan sempat menimbulkan tsunami kecil di sekitar Turki. Pihak berwenang Turki melaporkan terjadinya sejumlah gelombang besar yang mirip tsunami.

“Tsunami kecil terkonfirmasi. HINDARI SELURUH PANTAI DI AREA INI. Tapi Anda bisa selamat di area yang lebih tinggi,” ujar EMSC melalui pernyataan resmi mereka di Twitter.

Namun US Pacific Warning Centre, yang memonitor terjadinya tsunami di seluruh dunia, tak memberikan peringatan apa pun.

Sumber: Viva.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *