Brewdog Kehilangan ‘Elvis Juice’ Setelah Dituntut Keluarga Elvis Presley

Posted on

Salah satu pembuat bir Skotlandia, IPA, telah kehilangan produk bir laris “BrewDog” yang dikeluarkan tahun 2015 karena mendapat tuntutan dari keluarga musisi legendaris Elvis Presley.

Dikabarkan oleh Fox News (19/7) pekan lalu, hakim Inggris memutuskan bahwa perusahaan bir BrewDog harus mengubah nama ‘Elvis Juice’ pada produk bir miliknya. Hal tersebut diputuskan setelah pengacara Elvis Presley Enterprises mengajukan keberatan kepada perusahaan bir yang mendaftarkan birnya dengan nama “Elvis Juice” dan “Brewdog Elvis Juice” sebagai merek dagang.

Laporan catatan harian pabrik bir Skotlandia, IPA bir diluncurkan pada tahun 2015 dan dengan cepat laris di pasaran. Pada bulan Oktober 2016, pendiri BrewDog James Watt dan Martin Dickie, secara legal menambahkan ‘Elvis’ pada produk bir mereka.

Tidak lama kemudian, pengacara Elvis Presley mengirimi mereka pemberitahuan pelanggaran hak cipta. Menanggapi hal tersebut, Watt mengatakan, “Tidak hanya satu orang di dunia dengan nama Elvis, jadi kami menambahkan nama Elvis pada bir kami.”

Meskipun demikian, hakim hukum administrasi, Oliver Morris memutuskan untuk melawan perusahaan bir tersebut.Menurut mereka, atas dasar itu Elvis adalah nama yang relatif tidak biasa, dan mengingat bahwa Mr. Presley yang paling dikenal dari nama Elvis. Rata-rata konsumen saat melihat nama Elvis, kemungkinan akan menghubungkan dengan Elvis Presley.

Selain kehilangan nama salah satu produk bir mereka yang paling populer, BrewDog juga harus membayar dengan kepada Elvis Presley sebesar $ 1.934 (Rp 25 juta) untuk biaya pengadilan.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *