Bisnis Sewa Payung di China Sudah Rugi Jutaan Yuan Meskipun Baru Dibuka

Posted on

Sharing E Umbrella yang berdiri bulan April 2017 adalah perusahaan penyewaan payung yang pertama di Cina kini berada di ambang kebangkrutan karena kehilangan ratusan ribu payung yang mereka miliki. Penyebabnya hanya satu, para pelanggan di China belum siap dengan sistem sharing economy.

Perusahaan yang berbasis di Shenzen ini sudah menyebarkan 300.000 buah payung di 11 kota besar di China, termasuk Shanghai, Nanjing dan Guangzhou. Payung ditempatkan di stasiun-stasiun bis dan kereta bawah tanah untuk memudahkan pelanggan yang hendak menyewa. Calon pelanggan tinggal melakukan deposit 19 yuan dan mereka bisa menggunakan payung sewaan dengan tarif 0,5 yuan per setengah jam.

Konsep bisnis berbasis sharing economy tengah menjamur di China. Mulai dari power bank, sepeda, hingga bola basket dikomersilkan dengan sistem sewa. Model bisnis seperti ini tidak hanya sederhana, tetapi juga dianggap memudahkan dan hemat bagi konsumen.

Sayangnya, sharing economy untuk bisnis penyewaan barang yang sulit dipantau seperti sepeda dan payung bisa menyebabkan masalah yang dialami Sharing E Umbrella. Kebijakan pengembalian dan kurangnya kesadaran dari pengguna jasa penyewaan mengakibatkan sebagian besar payung hilang. Umumnya mereka malas mengembalikan payung atau meletakkannya secara sembarangan. Karena hal ini, Sharing E Umbrella mengalami kerugian sebesar 60 yuan untuk setiap payung yang hilang.

“Payung berbeda dari sepeda,” kata Zhao Shuping, pendiri Sharing E Umbrella kepada situs berita ThePaper.cn. “Sepeda bisa diparkir di mana saja, tapi dengan payung Anda perlu gantungan atau pagar untuk meletakkannya.”

Namun Zhao masih belum siap untuk menghentikan bisnisnya. Meskipun saat ini perusahaannya rugi besar-besaran, Sharing E Umbrella masih berencana untuk meraup 30 juta yuan pada akhir tahun ini. Mungkin bisnis ini bisa sukses jika perusahaan menerapkan sistem tracking yang baik untuk payung-payung yang disewakan.

Seumber: Dream.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *